Sunday, January 11, 2009

Pengagum Rahasia

Sejak kuliah aku mengagumi seseorang, maka bisa disebut aku pengagum rahasia. Dia adalah penulis cerpen kawakan "Jujur Prananto". Kala itu aku yang memang hobby menulis, sering tercenung-cenung setiap usai membaca cerpen Mas Jujur. Rasanya entah kapan aku bisa menulis seperti itu, dan memeng belum kesampaian. Karya-karya Mas Jujur aku kliping dan setiap buku kumpulan cerpennya terbit aku selalu mengoleksi.
Tahun berganti dan sebagai pengagum, aku selalu mengikuti berita tentang Mas Jujur. Beliau kemudian juga menulis skenario film seperti "Ada apa dengan cinta", "Petualangan Sherina," "Ungu Violet", "Doa yang mengancam" dan beberapa yang lain. Meski aku seperti kehilangan cerpen-cerpennya, namun kemudian aku jadi terseret mengikuti skenario-skenarionya. Aku juga mengoleksi buku-buku skenario Mas Jujur. Hingga suatu waktu dari millis para penulis skenario aku memberanikan diri mengirim email ke beliau. Awalnya hanya ingin berkenalan sebagai fans berat sejak lama, namun perkenalan itu kemudian menjadi seperti sekolahan bagiku. Aku belajar menulis secara tidak langsung. Sikapnya yang tegas dan to the point dalam email membuatku sering bertanya, seperti apa sih Mas Jujur itu?
Dan kesempatan membawaku bertemu beliau. Beliau berkenan menulis FTV di televisi swasta tempat aku bekerja dan kami bertemu di sana. Subhanallah, aku tak henti belajar dari sebelum ketemu hingga sekarang bertatap muka dengan beliau. Orang yang memiliki nama besar dan semakin berisi semakin menunduk, itulah Mas Jujur. Aku tak lagi menjadi pengagum rahasianya, tetapi benar-benar pengagum terang-terangan sekarang. Subhanallah...seandainya dunia ini dipenuhi orang-orang rendah hati seperti beliau...
"Mas Jujur, terima kasih mengajari saya banyak hal."

2 comments:

@firmansm said...

jadi inget lagunya mocca
'i 'm secret admimire ....na na na ... [missing liric]'

salam kena
http://firman.web.id

M.Iqbal Dawami said...

Tentu saja (menurutku) lebih bagus novelnya, lebih imajinatif dan komprehensif. kalo film kan dibatasi oleh durasi :).salam